Home / Berita Kegiatan / Benchmarking ke Direktorat SNSU Termoelektrik dan Kimia dalam Rangka Inisiasi Jejaring Laboratorium Baku Pembanding

Benchmarking ke Direktorat SNSU Termoelektrik dan Kimia dalam Rangka Inisiasi Jejaring Laboratorium Baku Pembanding

Mar 20, 2023

Dalam rangka inisiasi pembentukan jejaring laboratorium baku pembanding, Pusat Pengembangan Pengujian Obat dan Makanan Nasional telah melakukan benchmarking ke Direktorat Standar Nasional Satuan Ukur (SNSU) Termoelektrik dan Kimia. Kunjungan dilakukan pada tanggal 7 Maret 2023 oleh Kepala Balai Kalibrasi, Ketua Tim Jejaring Laboratorium Baku Pembanding, Ketua Tim Pengembangan Baku Pembanding Kimia, Ketua Tim Penguatan Pengawasan RB dan PJ Dokumen Pengembangan Baku Pembanding yang dihadiri oleh Direktur SNSU Termoelektrik dan Kimia Dr. Gufron Zaid M.Sc beserta jajarannya.

Kegiatan ini bertujuan untuk berkoordinasi dalam rangka pembentukan jejaring dan diskusi terkait posisi Badan POM secara metrologis sebagai produsen bahan acuan. Acara diawali dengan sambutan dan pemaparan oleh Direktur SNSU Termoelektrik dan Kimia (Dr. Gufron Zaid M.Sc).  Beliau menjelaskan terkait tugas dan fungsi SNSU, dimana SNSU memiliki tugas utama dalam meningkatkan ketertelusuran pengukuran nasional ke sistem internasional sesuai dengan UU No.24 Tahun 2014. SNSU menyediakan standar pengukuran yang dibutuhkan pemangku kepentingan. Selain itu, juga mengupayakan pengakuan internasional atas kemampuan pengukuran dan kalibrasi. Meningkatkan kemampuan pengukuran nasional seperti sistem kalibrasi, panduan teknis, pelatihan dan asesor juga merupakan tugas dari pengelola SNSU. Hal ini yang kemudian mendorong jejaring ini dilakukan sebagai proses pengembangan baku pembanding yang terus melakukan perbaikan dan peningkatan menuju lebih baik.

Selain diskusi bersama juga dilakukan kunjungan ke laboratorium SNSU sebagai studi banding agar dapat melakukan crosscheck dengan laboratorium pengembangan baku pembanding yang sudah ada saat ini. Kunjungan ini merupakan tahap awal dari pembentukan jejaring dan perlu dipastikan kembali pembentukan jejaring apakah berdasarkan per program / proyek atau ada hal lain yang menjadi tujuan dari jejaring yang dibentuk. Sehingga diharapkan dari kegiatan benchmarking ini dapat ditindaklanjuti poin-poin penting yang menjadi tujuan terbentuknya jejaring ini. 

Hubungi Kami